DESKRIPSI KINERJA PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS EMPAT SEKOLAH DASAR

Lilian Slow, Puji Rahmawati, Sukristin Sukristin, Gani Gani

Abstract


Abstact: The background of this research was the teacher professional performance in learning was lack. Beside that, the result of science learning outcome was not good enough. It showed that the science learning process did not show the maximal result yet. The method of this research used descriptive qualitative method. It was done by giving assessment to the science teacher of public elementary school 01 in Beduai, the science teacher of public elementary school 02 in Beduai, and the science teacher of public elementary school 05 Muara Ilai.

The result of this research showed that the teacher professional performance in science learning process reached score in “Good” category, based on the education service of Beduai. The assessment of subject 1 amounted the average 67,23, the subject 2 was 66,53, and the subject 3 was 63,92. The description based on the subjects’ answer in interview showed that all of subjects used method in science learning. Then, they arranged learning planning before did the learning process. The subjects used media in learning process and did the evaluation in learning. In other hand, the description based on interview also showed that the student behavior in the science learning process was variation.   

Keywords        : Teacher’s Professional Performance, Learning, Science

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah kinerja guru dalam hal pembelajaran masih sangat kurang. Selain itu nilai atau hasil belajar siswa mengenai pelajaran IPA masih kurang memuaskan. Hal tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA terbilang belum menunjukan hasil yang maksimal oleh guru. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menilai guru mata pelajaran IPA di SDN 01 Beduai, SDN 02 Beduai, dan SDN 05 Muara Ilai.

           Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja guru dalam penyampaikan pelajaran IPA memperoleh penilaian berkategori “Baik” berdasarkan penilaian  Dinas Pendidikan Beduai. Penilaian subjek 1 mendapat nilai rata-rata 67,23, subjek 2 mendapat nilai rata-rata 66,53, dan subjek 3 mendapat nilai rata-rata 63,92. Sedangkan pendeskripsian berdasarkan jawaban subjek dalam wawancara menunjukkan bahwa semua subjek menggunakan metode dalam pembelajaran IPA. Kemudian, semua subjek menyusun RPP sebelum pembelajaran dilaksanakan. Semua subjek juga menggunakan media dalam pembelajaran dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran. Selain itu, hal yang dideskripsikan berdasarkan wawancara adalah mengenai sikap siswa dalam proses pembelajaran IPA dan sikap siswa dijelaskan sangat bervariasi.

Kata Kunci    : Kinerja Professional Guru, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam


References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: edisi 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Nada. 2014. Kompetensi Profesional Guru Ipa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pontianak Selatan. Diakses tanggal 1 agustus 2018. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/7010/pdf.

Priyoga, Muhammad Faris. 2017. Analisis Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Jurnal. Economic Education Analysis Journal 6 (2) (2017). p-ISSN 2252-6544. Universitas Negeri Semarang. Diakses tanggal 1 Agustus 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16446

Rasiman dkk. 2017. Laporan Penelitian Analisis Kinerja Guru Profesional Di Jawa Tengah. PKM Universitas PGRI Semarang. Diakses tanggal 01 agustus 2018. http://eprints.upgris.ac.id/202/1/PAK%20RASIMAN.pdf

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Dinas Pendidikan Beduai. 2018. Data Penilaian Dinas Pendidikan Beduai




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.333

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.