PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDLINK DAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PGSD

Hartinawanti Hartinawanti, NURHAYATI SELVI, Wahyullah Alannasir

Abstract


ABSTRACT: This study aims to increase the learning independence of PGSD students of FKIP Makassar Islamic University through the use of the edlink and whatsApp application. The research method uses a quantitative approach, the type of experimental research with research design using a Quasi Experiment Design. Data collection techniques through questionnaires and documentation. The subjects in this study were students of PGSD FKIP Makassar Islamic University with a total of 54 students consisting of 27 control class students and 27 experimental class students and registered in the even semester of the 2019/2020 academic year. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistical. The results showed that the learning independence of PGSD FKIP students at the Islamic University of Makassar in online learning with the use of the edlink application (Experiment) on the pretest was in the low category and the postest was in the high category while the control group on the pretest was in the low category and the postest was in the medium category; The use of the edlink application has a significant effect on the learning independence of PGSD FKIP students of Makassar Islamic University.

Keywords: edlink, whatsapp, independent learning

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa PGSD FKIP Universitas Islam Makassar melalui penggunaan aplikasi edlink dan whatsapp. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Quasi Experiment Design. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa PGSD FKIP Universitas Islam Makassar dengan jumlah mahasiswa 54 orang terdiri dari 27 orang kelas kontrol dan 27 orang kelas eksperimen dan terdaftar pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemandirian belajar mahasiswa PGSD FKIP Universitas Islam Makassar dalam pembelajaran daring dengan penggunaan aplikasi edlink (Eksperimen) pada pretest berada pada kategori rendah dan pada postest berada pada kategori tinggi sedangkan kelompok kontrol pada pretest berada pada kategori rendah dan postest berada pada kategori sedang; Penggunaan aplikasi edlink berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar mahasiswa PGSD FKIP Universitas Islam Makassar.

Kata Kunci: edlink, whatsapp, kemandirian belajar


References


Darmayanti, T., S. Islam, & Asandhimitra. 2004. Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Kemandirian Belajar Pada PTJJ. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Hartanto, Aat. 2010. Panduan Aplikasi Smartphone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryono, A. 2001. “Belajar Mandiri Konsep Dan Penerapannya Dalam Sistem Pendidikan Dan Pelatihan Terbuka/Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 2(2 ):137–61.

Novandini, Carolin Dwija, and Margaretha W. D. Luta. 2019. “Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri.” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Rachmayani, D. 2014. “Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan UNSIKA 2(1).

Rosenberg, Marc. 2001. E-Learning. Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryadi, Edi, M. Hidayat Ginanjar, & M. Priyatna. 2018. “Penggunaan Sosial Media Whatsapp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tahar, Irzan, & Enceng. 2006. “Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 7, Nomor 2.

Tirtaraharja, Umar, & Sulo Lipu La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Malang: Bumi aksara.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.327

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.