PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

SUKRISTIN SUKRISTIN, Indri Claudya

Abstract


Latar Belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran sehingga membuat  siswa hanya diam ketika ditanya oleh guru, siswa tidak berani bertanya terhadap materi yang belum dimengerti, siswa tidak berani dan malu-malu ketika berada di depan kelas, siswa tidak berani berbicara saat di depan kelas, dan pembelajaran hanya berfokus pada siswa yang aktif.  Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen (Pre Experimental Design) dengan menggunakan desain penelitian One-Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hail data yang telah diuji dengan uji wilcoxon memperoleh hasil, Whitung sebesar 129 sedangkan Wtabel  senilai 208, ini berarti Whitung< Wtabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa metode bermain peran dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Dengan nilai Whitung < Wtabel, maka metode bermain peran memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap aktivitas belajar siswa dibandingkan sebelum diterapkannya metode bermain peran, sehingga membuat aktivitas siswa menjadi meningkat.

References


Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish : Yogyakarta. https://books.google.co.id/books?isbn=6024019394 diakses tanggal 20 februari 2019

Efendi. 2012. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Sungai Kinjil. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2, No 3. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1210 Diakses tanggal 13 Februari 2019.

Iin I. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 19. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjung Pura: Pontianak. Diakses tanggal 09 Februari 2019jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/1193/pdf

Liana, Putri. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan BerbicaraSiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MIN 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Tarbiah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung: Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/2784/1/combinepdf.pdfDiakses Tanggal 22 Februari 2019

Meti S. 2015. Pengaruh Metode Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN Cempaka 1 Putih Tahun Ajaran 2014-2015 (Kajian Teori). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta. Diakses tanggal 11 Oktober 2018 http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29248/1/METI%20SAFITRI-FITK.pdf

Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta: Bandung.

------------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.192

Article Metrics

Abstract view : 730 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.