PENGARUH PENGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SDN 01 SEMANGET

Sukristin Sukristin, Lilian Slow, Martinus Wiro

Abstract


Abstract: The background of the influence of Picture Media on writing ability is expected to support students' writing methods in short stories. The aim is to find out the effect of Image Media on the ability to write experimental research methods using the One-Group Design research design. Data analysis used pre test and post test analysis techniques. The student population numbered 21 boys 12 and 9 girls. The results of the analysis of the number of pre-test 1,162 and post-test 1,591, the average pre-test 55.33 and post-test 75.76, t count = 7.571> t table = 2.093 so HO is rejected so Ha is accepted. This means that the use of media images in learning affects students' writing abilities, thus it can be concluded that students' writing abilities using media images have an influence on writing abilities in Indonesian language lessons on the work of my parents in writing short stories (short stories).

Keywords: Image Media, Writing Ability, Indonesian.

 

Abstrak: Latar belakang dalam penulisan cerita pendek siswa yaitu ketepatan pengunaan huruf kapital, pengenalan huruf, penepatan huruf, kurang huruf, dan penggunaan tanda baca yang masih kurang. Tujuan ingin mengetahui pengaruh Media Gambar terhadap kemampuan menulis, metode penelitian experimen dengan mengunakan desain penelitian One-Group Desain. Analisis data mengunakan teknik analisis pre test dan post test. Populasi siswa berjumlah 21 laki-laki 12 dan 9 perempuan. Hasil analisis jumlah pre test 1.162 dan post test 1.591, rata-rata pre test  55,33 dan post test 75,76, t hitung = > t tabel =2,093 sehingga HO ditolak sehingga Ha diterima. Artinya pengunaan media gambar dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa, demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa mengunakan media gambar mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis pada pelajaran Bahsa Indonesia  materi Pekerjaan Orang Tuaku dalam menulis cerita pendek (cerpen).

Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.

 


Full Text:

PDF

References


Alawia, Afifah. "Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar." Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 2.2 (2019): 147-158.

Hidayah, Nurul. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar." TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.2 (2015): 190-204.

Khair, Ummul. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI." AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2.1 (2018): 81.

Pebrianti, Nur Anisa. Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). Diss. FKIP UNPAS, 2020.

Sugiyono, Dr. "Memahami penelitian kualitatif." (2010).

Sukma, Elfia. "Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan strategi pemetaan pikiran." Diksi 14.1 (2007): 38-48.

Sofiyah, Siti. "Penggunaan Media Gambar Realitas untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang." Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1.2 (2019): 165-179.

Yarmi, Gusti. "Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal." Perspektif Ilmu Pendidikan 28.1 (2014): 8-16




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1544

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.