PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUN ALAM (IPA) DI KELAS V SDN 04 NANGA PINOH

Rini Kurniawati, Rachmat Sahputra, Kartini Kartini

Abstract


Abstract: This study aims to determine how big the influence of learning model pair checks on science learning outcomes. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers on 19-27 July 2017 researchers found students are less involved in the learning process because the model of learning in the teacher applied more focused on the book. This resulted in student learning outcomes are still under the KKM, of 26 students only 6 students who scored above the KKM and 20 students whose value is still below the KKM is equal 65. This research is an experimental research, pre-experimental type with One Group Pretest-Posttest design consisting of two meetings. Population in this research is all student of class V SDN 04 Nanga Pinoh, sample use saturated sample technique that is all member of population counted 26 student with details 12 female student and 14 male student. Variable in this research there are two that is independent variable is Pair Checks study model and dependent variable is result of study of science. Techniques and instruments of data collection in this research is a test by using a brief questionnaire consisting of 10 questions of pretest and 10 posttest questions and observation sheet of learning implementation of RPP. Data analysis techniques use written tests. Based on the results of the research note that the average implementation of RPP meeting I is 100% and at the second meeting is 100%. The average pretest is 51.15 and the posttest average is 78.07. So it can be known the difference is 26.92 average. Normality test shows that the value of sig> 0.05 ie pretes 0.144>0.05 and posttest 0.062>0.05 can be concluded normal distributed data. Hypothesis test results obtained tcount> ttable (9.03>1.71) then H0 rejected and H1 accepted, based on the analysis results can be concluded that there is significant average influence before and after given treatment, That is there is influence from the use of learning model Pair Chechks on learning outcomes IPA students. Keywords: Learning Outcomes, Pair Checks Learning Model, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 19-27 juli 2017 peneliti menemukan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dikarenakan model pembelajaran yang di terapkan guru lebih berfokus pada 

buku. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah KKM, dari 26 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 20 siswa nilainya masih di bawah KKM yaitu sebesar 65. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang terdiri dari dua kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Nanga Pinoh, sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi sebanyak 26 siswa dengan rincian 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebasnya adalah model pembelajaran Pair Checks dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dengan menggunakan lembar soal isian singkat yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran RPP. Teknik analisis data menggunakan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ratarata keterlaksanaan RPP pertemuan I yaitu 100% dan pada pertemuan II yaitu 100 %. Rata-rata pretest yaitu 51.15 dan rata-rata posttest yaitu 78.07. Sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 26.92. Uji normalitas menunjukkan bahwa nilai sig>0.05 yaitu pretes 0.144>0.05 dan posttest 0.062>0.05 dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel (9.03>1.71) maka H0 ditolak dan H1 diterima, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ratarata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pemeblajaran Pair Chechks terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pair Checks, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v6i1.140

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.