UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERAJINAN TANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TEKNIK KOLASE

Sali Ismayati J.S., Mastiah Mastiah

Abstract


Absrtack: Class action research (PTK) is done in the elementary school
18 Tubung. Massalah in this research is the lack of keterampian students
and experience in creating crafts. The purpose of this research is to find
out whether the method of collage technique demonstrations can improve
the skills of crafts, especially to the study of art and culture and skills.
The instrument was developed in the form of sheets of observation. This
class action research conducted in two cycles. The results of the initial
percentage of 42.85 after done actions on cycle II increased to 92.87 with
an increase of 50. Based on the results of the PTK committed researchers,
it can be concluded that the method of demonstration engineering collage
can improve the skills of students in learning handicrafts SBK in class
VI. So from that expected of teachers in particular teacher SDN Tubung
18 class VI in SBK learning should apply various methods of learning,
such as the method of Demonstration engineering collage. In order for
students in learning always pouring his imagination in each work to be
created so that student learning objectives can be achieved.
Key words: the demonstration of collage technique, student’s skill in
creating handicraft, art and culture lesson.
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di sekolah SD
18 Tubung Massalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan
siswa dan pengalaman dalam menciptakan kerajinan.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi
teknik kolase dapat meningkatkan keterampilan kerajinan tangan,
terutama pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan. Instrumen
yang dikembangkan berupa lembar observasi. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil persentase awal sebesar 42.85%
setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 92.87%
dengan peningkatan sebesar 50%. Berdasarkanhasil PTK yang
dilakukanpeneliti, Berdasarkanhasil PTK yang dilakukanpeneliti, dapat
disimpulkan bahwa metode demonstrasi teknik kolase dapat
meningkatkan keterampilan kerajinan tangan siswa dalam pembelajaran
SBK di kelas VI. Maka dari itu diharapkan guru khususnya guru SDN 18
Tubung kelas VI dalam pembelajaan SBK hendaknya menerapkan
berbagai metode pembelajaran, seperti metode demonstrasi teknik kolase.
Siswa dalam belajar selalu menuangkan imajinasinya dalam seetiap karya
yang akan dibuat siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci: Metode Demontrasi teknik kolase, Keterampilan Kerajinan
Tangan Siswa, Pembelajaran SBK.


References


Arini S. H. D, dkk 2014. Seni Budaya.

Jakarta: Direktor Sekolah

Menengah Kejuran, Direktor

Jendral Manajemen Pendidikan

Dasar, Dapertemen Pendidikan

Nasiaonal.

Eagle. 2011, Pengertian Keterampilan

Menurut para Ahli (online)

Tersedia www.duniapelajar.

com/29/6/2014 (dibuka tanggal

mei 2014).

Kamaril, C. 2004. Pendidikan Seni

Rupa/ kerajinan Tangan. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Novitasari, E. 2013. Penerapan Metode

Demonstrasi Melalui Permainan

Kolase Untuk Meningkatkan

Kemampuan Seni Rupa Anak

Kelompok B Di TK Hosana

Kabupaten Jepara. Tidak

dipublikasikan. Skripsi.

Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Tim Penyusun. 2013. Buku pedoman

(PPL). Nanga Pinoh: STKIP

Melawi

Zulfiah. 2013. Penelitian Tindakan

Kelas (online) Tersedia www.

pengertian-ptk-karakteristikptk,html?m=1.com (dibuka 15

Maret 2014)




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v5i1.129

Article Metrics

Abstract view : 383 times
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia) - 4010 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.