MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERITA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Muhammad Alamsyah, Ason Ason, Rosalyna Yoesi Etiovia

Sari


Abstract: This research was conducted in public elementary schools 17
Laman Tanjung located in dusun Laman Tanjung desa Batu Ampar
kecamatan Belimbing. The method used was of classroom action
research, in this study the authors used a model draft Kemmis and Mc
Taggart which consists of four components: planning, action /
implementation, observation / observation, and reflection. Subjects in this
study was the third grade students at SDN 17 Page Tanjung totaling 10
students, consisting of 5 boy and 5 girl. This study was conducted in two
stages, namely the first cycle and the second cycle. This study aims to see
increased student reading skill on Indonesian lesson by using story text
media in third grade students of SDN 17 Laman Tanjung school year
2015. This study was conducted in two cycles. The results showed there
was an increase of 30% in the first cycle and closed with a value of 100%
on the second cycle the final value of a series of research activities. Thus,
an increase from the first cycle to the second cycle of 70% on well
qualification. And the learning quality, in the first cycle researchers
obtained a percentage of 70.27%, in the second cycle researchers
obtained a percentage of 81.11%.from The teacher activity increased of
10.84%. Based on the analysis of research data this class action, it can be
concluded that the application of the text stories media can improve
student reading skills the Indonesian subject in the third grade students of
SDN 17 Laman Tanjung academic year 2015/2016.
Keywords: Reading, Text Story, Indonesian.
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di sekolah dasar
negeri 17 Laman Tanjung yang terletak di dusun Laman Tanjung Desa
Batu Ampar Kecamatan Belimbing. Metode penelitian yang digunakan
berupa Penelitian Tindakan Kelas, dalam penelitian ini menggunakan
rancangan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat
komponen yaitu perencanaan, tindakan/ pelaksanaan, observasi/
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
III di SDN 17 Laman Tanjung yang berjumlah 10 orang siswa,yang
terdiri dari 5 orang laki – laki dan 5 orang perempuan. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca siswa
pada pelajaran bahasa Indonesia dengan penggunaan media teks cerita
pada siswa kelas III SDN 17 Laman Tanjung tahun pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan 30% pada siklus I dan
ditutup dengan nilai 100% pada siklus II yang menjadi nilai akhir dari
rangkaian kegiatan penelitian. Jadi, peningkatan dari siklus I ke siklus II
sebesar 70% di kualifikasi baik. Kemudian untuk kualitas pembelajaran,
pada siklus I peneliti memperoleh persentase sebesar 70,27%, pada siklus
II peneliti memperoleh persentase sebesar 81,11%. Dari siklus I ke siklus
II peningkatan kegiatan guru sebesar 10,84%. Berdasarkan analisis
terhadap data hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan
bahwa penerapan media teks cerita dapat meningkatkan kemampuan
membaca siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III
SDN 17 Laman Tanjung tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Membaca, Teks Cerita, Bahasa Indonesia.



Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Azhar, A. 2005. Media Pembelajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. H. 2011. Metode Penelitian

pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Muclisoh, dkk. 1995. Pendidikan

Bahasa Indonesia 3. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Taringan. 2008. Membaca Sebagi

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.