WORKSHOP INDEKSASI JURNAL MENUJU AKREDITASI JURNAL NASIONAL

Nur Moh Kusuma Atmaja, Mastiah Mastiah, Mardiana Mardiana

Abstract


Abstrak: Pengabdian ini merupakan kegiatan workshop tentang indeksasi jurnal yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pengelola jurnal program studi di STKIP Melawi tentang indeksasi jurnal guna persiapan akreditasi jurnal nasional. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa masih ada beberapa jurnal program studi yang ada di STKIP Melawi yang belum terakreditasi. Salah satu penyebabnya adalah jurnal belum terindeks Google Scholar, Garuda, dan DOAJ. Metode yang digunakan dalam PKM adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan tugas praktik mendaftar jurnal ke Google Scholar, Garuda, dan DOAJ secara online. Hasil workshop ini, pengelola jurnal di STKIP Melawi sudah mendaftarkan jurnal masing-masing ke Google Scholar, Garuda, dan DOAJ guna mempersiapkan akreditasi jurnal masing-masing, sehingga pengelola jurnal lebih siap dalam mendaftarkan akreditasi jurnal, dan meningkatkan kualitas SDM jurnal, artikel jurnal, fisik jurnal online maupun cetak.

 

Kata kunci: Workshop, indeksasi jurnal, akreditasi jurnal

Full Text:

PDF

References


Lasa Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Kemenristekdikti (2018). Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jakarta: Kemenristekdikti.

Khayatun, K., & Rahayu, S. (2010). Peran Perpustakaan Ipb Sebagai Kontributor Portal Garuda (Garba Rujukan Digital). Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2), 11–17.

Rahmatulloh, A., & Gunawan, R. (2020). Web Scraping with HTML DOM Method for Data Collection of Scientific Articles from Google Scholar. Indonesian Journal of Information Systems, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.24002/ijis.v2i2.3029

Rahmawati, R. (2018). ANALISIS INDEKSASI JURNAL ILMIAH BIDANG PERTANIAN INDONESIA DI DOAJ Rahmawati. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 36–41. http://journal.ipb.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i1.950

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.