LOMBA MENGGAMBAR LINGKUNGAN HIDUPKU TERSAYANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SE–KECAMATAN SAYAN

Ahmad Khoiri

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) Terlaksananya kegiatan lomba menggambar “Lingkungan hidup tersayang”. 2) Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan semenjak dini. 3) Mengembangkan bakat mengambar anak SD dengan mengaitkan mengenai konsep lingkungan hidup. 4)  Menanamkan pemahaman mengenai lingkungan hidup anak melalui gambar sehingga diharapkan tumbuhnya kepedulian anak semenjak dini terhadap lingkungan. Metode pelaksanaan yaitu lomba menggambar yang diikuti oleh 32 peserta dari 5 Sekolah Dasar sederajat. Hasil dari kegiatan yaitu, 1) Munculnya minat anak-anak terhadap gambar khususnya mengambar lingkungan, walaupun hasil gambar yang peserta buat belum mendeskripsikan mengenai paradigm mengenai lingkungan yang mereka miliki; 2) Peserta dapat membuat tema sendiri berdasarkan apa yang mereka amati dan rasakan di sekitar lingkungan mereka. Hal tersebut sangat baik untuk merangsang pemahaman mereka mengenai pentingnya menjaga lingkungan walaupun belum maksimal; dan 3) Perlu lebih digali potensi anak mengenai kemampuan atau bakat baik dalam mengambar, melukis atau apaun dan lebih baik dikaitkan bakat yang mereka miliki dengan lingkungan untuk menumbuhkan keperdulian terhadap lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84-111.

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther dan James D. Russell. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Pearson.

Simanjuntak, P. M. (2016). Perilaku Bertanggungjawab Lingkungan Siswa (Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Perubahan Iklim Dan Self Efficacy dengan Perilaku Bertanggungjawab Lingkungan Siswa). IJEEM-Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 1(2), 59-65.

Utami, I. G. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaranbahasa Inggris. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 11(01).




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.480

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.