PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SEKOLAH DASAR

Rahma Ashari Hamzah

Abstract


Pelaksanaan kampus mengajar program merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Angkatan I memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman membantu proses belajar mengajar di sekolah dasar. Metode yang digunakan berupa pendekatan kualitatif, Subjek penelitian adalah SDN 44 Padaria Kabupaten Maros. Objek penelitian adalah pelaksanaan kampus mengajar angkatan I di SDN 44 Padaria. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Program yang dilaksanakan adalah melaksanakan proses belajar mengajar, adaptasi teknologi pembelajaran bagi guru, dan membantu guru dalam menyediakan dan melengkapi administrasi pembelajaran.

Kata Kunci: Pelaksanaan kampus mengajar, Program merdeka belajar

Full Text:

PDF

References


Asfuri, A. 2020. Implementasi pembelajaran door to door pada perkembangan psikologi belajar anak di tkit raudlotul mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84-111. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-11

Desmita. 2014. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://www.dkampus.com/2017/05/pengertian-literasi-menurut-para-ahli/

https://literasinusantara.com/literasi-numerasi-pengertian-tantangan-dan-peluang/

https://www.ruangguru.com/blog/menyusun-rencana-pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis, a methods sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications.Google Scholar.

Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rosita, Devi Ayu & Damayanti, Rini. 2021. Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 2.

Setiawan, Fajar. & Sukamto. 2021. Implementasi kampus mengajar perintis (kmp) sebagai cikal bakal penggerak pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S. dkk. 2020. Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161.https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. 2021. Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan ke-SD-an, XVI (2),106.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Article Metrics

Abstract view : 6678 times
PDF - 3106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.