PEMBERDAYAAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG GO GREEN LINGKUNGAN HIDUP DALAM BAHASA INGGRIS

Akhmad Subkhi Ramdani, Ilmi Zajuli Ichsan

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan materi lingkungan hidup yang masih belum tersosialisasi kepada Masyarakat, khususnya terkait dengan go-green. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan pemberdayaan pengetahuan siswa tentang go-green kepada siswa SMK. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat adalah menggunakan metode seminar secara daring yang dilakukan kepada siswa SMKN 1 Jakarta. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa  kegiatan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala koneksi internet. Terjadi peningkatan skor pengetahuan siswa SMK dari pre-test (25.93) mengalami peningkatan skor saat post-test (50.93). Upaya pelestarian lingkungan hidup melalui kegiatan di SMK bisa dilakukan dengan seminar seperti kegiatan ini. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pemberdayaan pengetahuan siswa dengan cara seminar secara daring dianggap cukup efektif

Full Text:

PDF

References


Ashraf, S. S., Rauf, M. A., & Abdullah, F. H. (2012). A hands-on approach to teaching environmental awareness and pollutant remediation to undergraduate chemistry students. Research in Science and Technological Education, 30(2), 173–184. https://doi.org/10.1080/02635143.2012.698604

Dekoninck, H., & Schmuck, D. (2022). The Mobilizing Power of Influencers for Pro-Environmental Behavior Intentions and Political Participation. Environmental Communication, 16(4), 458–472. https://doi.org/10.1080/17524032.2022.2027801

Diederich, J., & Goeschl, T. (2017). To mitigate or not to mitigate: The price elasticity of pro-environmental behavior. Journal of Environmental Economics and Management, 84, 209–222. https://doi.org/10.1016/j.jeem.2017.03.004

Jonell, M., Crona, B., Brown, K., Rönnbäck, P., & Troell, M. (2016). Eco-labeled seafood: determinants for (blue) green consumption. Sustainability, 8(9), 1–19. https://doi.org/10.3390/su8090884

Magzamen, S., Mayer, A. P., Barr, S., Bohren, L., Dunbar, B., Manning, D., Reynolds, S. J., Schaeffer, J. W., Suter, J., & Cross, J. E. (2017). A Multidisciplinary Research Framework on Green Schools: Infrastructure, Social Environment, Occupant Health, and Performance. Journal of School Health, 87(5), 376–387. https://doi.org/10.1111/josh.12505

Robina-Ramírez, R., & Cotano-Olivera, C. (2020). Driving private schools to go “green”: The case of Spanish and Italian religious schools. Teaching Theology and Religion, 23(3), 175–188. https://doi.org/10.1111/teth.12547

Shabani, N., Ashoori, M., Taghinejad, M., & Beyrami, H. (2013). The study of green consumers ’ characteristics and available green sectors in the market. International Research Journal of Applied and Basic Sciences, 4(7), 1880–1883.

Verma, R., & Grover, P. (2021). Role of social media in promotion of green school initiatives by government green schools in India. Journal of Public Affairs. https://doi.org/10.1002/pa.2643




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i1.1496

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.