Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar Di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi

MARDIANA MARDIANA, Waridah Waridah

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the level of understanding of elementary school teachers about the policy of implementing independent learning, especially the Learning Implementation Plan (RPP). This research uses qualitative descriptive method. The qualitative descriptive method is a problem-solving procedure that is investigated using the current state of the subject/object of research (a person, institution, society, etc.) based on the facts that appear, or as they are.  This research technique  uses  the Nonprobability Sample Technique with the Purposive Sampling type, based on this technique,  60 teachers from 5 schools  obtained multistage random sampling  (gradual random sampling technique) and purposive sampling . The data in this study is in the form of primary data and secondary data obtained through observation, questionnaires, and interviews, as well as examination and validity of data, while the data collection tool uses observation sheets, sheets and interview guidelines.   Data management of the research results was carried out with interactive model analysis techniques from Miles and Huberman which consisted of four components: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data presentation and 4) drawing conclusions (verification).  The results of the research obtained from the questionnaire sheet and interviews showed  that the understanding of elementary school teachers towards the plan for implementing independent learning in Nanga Pinoh, Melawi Regency is still very lacking, it is concluded from the results of the questionnaire sheet in the comment column which states that respondents have not received either socialization or training regarding the independent learning curriculum, especially regarding the Learning Implementation Plan (RPP)  Freedom to Learn.

 

Keywords : Freedom of learning, Learning Implementation Plan, Teacher Understanding

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman guru-guru sekolah dasar tentang kebijakan pelaksanaan merdeka belajar khususnya Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggunakan keadaan subyek/obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, atau sebagaimana adanya.  Teknik penelitian ini menggunakan Teknik Nonprobability Sample denga tipe Purposive Sampling, berdasarkan teknik tersebut didapatkan responden sebanyak 60 orang guru yang berasal dari 5 sekolah sampel multistage random sampling (teknik pengambilan sampel secara random bertahap) dan purposive sampling. Data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara, serta pemeriksaan dan keabsahan data, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar dan pedoman wawancara. Pengelolaan data hasil penelitian dilakukan dengan teknik analisis model interaktif dari Miles dan Huberman yang tediri dari empat komponen : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar angket dan wawancara menunjukkan bahwa pemahaman guru sekolah dasar terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran merdeka belajar di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi masih sangat kurang, hal tersebut disimpulkan dari hasil lembar angket pada kolom komentar yang menyatakan bahwa responden belum menerima baik sosialisasi maupun pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar terkhusus lagi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar.

Kata Kunci : merdeka belajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, pemahaman guru


Full Text:

PDF

References


Agustinus. T. Daga. 2021. Makna Mereka Belajar dan Penguatan Peran Guru diSekolah Dasar. Jurnal Education. 7(3): 1075-1090

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung:Alfabeta.

Evi Hasim. 2020. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar” Gorontalo.

Nida Mauizdati. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 3(2).

Mustaghfiroh Siti. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3(1).

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83–91.

I Nyoman Laba Jayanta & Gusti Ngurah Sastra Agustika. (2020). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar. Seminar Nasional Riset Inovatif 2020 ISBN 978-623-7482- 54-3.




DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v3i2.916

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.