APLIKASI PRINSIP-PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA

Teofilus Ardian Hopeman, Gisna Amaliah, Annisa Mardiah Rusidi

Abstract


Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan khususnya di sekolah. Guru sebagai salah satu pendukung unsur pelaksana pendidikan yang mempunyai tanggung jawab sebagai pendukung pelaksana layanan bimbingan pendidikan di sekolah, di tuntut untuk memiliki wawasan yang memadai terhadap konsep –konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah. Sebagai individu, siswa memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan .Kenyataan yang dihadapi, tidak semua siswa menyadari potensi yang dimiliki untuk kemudian memahami dan mengembangkannya. Di sisi lain sebagai individu yang berinterksi dengan lingkungan, siswa juga tidak dapat lepas dari masalah. Dalam hal ini siswa perlu bantuan dan bimbingan orang lain agar dapat berindak dengan tepat sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya. Sekolah sebagai institusi pendidikan tidak hanya berfungsi memberikan pengetahuan tetapi juga mengembangkan keseluruhan kepribadian anak.Maka hal ini pula yang melatar belakangi adanya prinsip dalam bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF

References


AYUMI, K. (2022). PEMAHAMAN FUNGSI DAN PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN 2020/2021. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Azizah, N. N. (2021). Prinsip-prinsip Bimbingan Dan Konseling.

Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1).

Hallen, A. (2005). Bimbingan dan konseling. In Jakarta: Quantum Teaching (Vol. 80).

Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah; prinsip dan asas. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60

Putri, M. V. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rahmadani, U. (2021). Artikel bimbingan dan konseling prinsip prinsip bimbingan dan konseling. https://doi.org/10.31219/osf.io/tzhb5

Rifa’i, H. M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen organisasi. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Saleh, K. (2020). Prinsip-Prinsip Bimbingan Konseling Islami Dalam Membina Rurnah Tangga Sakinah Di Kecamatan Medan Kota (Lingkungan V Kelurahan Teladan Timur). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. Oecd Publishing.

SEPTILA, F. S. (2021). Prinsip Bimbingan Konseling (BK). https://doi.org/10.31219/osf.io/v93bp

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Tanjung, R., Cecep, H., Musyadad, V. F., Hayani, H., Iskandar, Y. Z., Simarmata, N. I. P., & Mahatmaharti, R. A. K. (2021). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yayasan Kita Menulis.

Tarno, T. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Pasarwajo. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.686




DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v3i2.835

Article Metrics

Abstract view : 723 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.