STUDI ANALISIS KEMAMPUAN PENGELOLAAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PRESTASI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN NEGERI DI KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penelitan ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester 7 IAIN dan STAKatN Pontianak dalam mengelola kemampuan kecerdasan interpersonal, dan hubungan antara kemampuan mengelola kecerdasan interpersonal terhadap prestasi akademik. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara bebas terpimpin sebagai pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pertama, kemampuan mengelola kecerdasan interpersonal mahasiswa semester 7 masih rendah dalam upaya mencapai prestasi belajar akademik melalui keaktifannya berorganisasi di kampus. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan negatif antara kemampuan mengelola kecerdasan interpersonal dengan prestasi akademik. Dalam hal ini menunjukkan rendahnya kemampuan mengelola kecerdasan interpersonal, diikuti pula dengan rendahnya prestasi akademik.
Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdes. 2014. Napak Tilas STAIN Pontianak ke IAIN Pontianak: Harapan Masyarakat Kalbar Terwujud. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Lexy, J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchrotien, Andreas. 2011. Modul Psikologi Perkembangan. Jakarta: Direktoran Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia.
Muhni, Djuretna A. Imam. 1994. Moral dan Religi Menurut Emile Durkheim dan Henri Bergson. Yogyakarta: Kanisius.
Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta
Silalahi, Ulber. 2002. Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Widayanti, Sri dan Utami Widijati. 2008. Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Yogyakarta: Luna Publisher.
DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i2.201
Article Metrics
Abstract view : 303 timesPDF - 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.