PERAN GURU DALAM MENANAM KARAKTER SOPAN SANTUN PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III SEKOLAH DASAR

Oktavianus Gedion, Waridah Waridah, Nurul Apsari

Abstract


Tujuan penelitian ini mendiskripsikan tentang bagaimana peran guru dalam menanamkan  Karakter Sopan Santun pada mata pelajaran PPKN Siswa Kelas  III Sekolah Dasar Negeri 04 Ulak Muid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan guru peran guru dalam menanamkan  Karakter Sopan Santun merupakan pada mata pelajaran PPKN Siswa Kelas  III secara menyeluruh, sehingga peserta didik dapat menjadi anak yang sopan santun dalam berpenampilan, sopan santun dalam berkomunikasi serta sopan santun dalam berperilaku, Upaya guru PPKn dalam menanamkan karakter sopan santun pada siswa kelas III SDN 04 Ulak Muid yaitu dengan cara guru memberikan keteladanan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan kepada siswa.tua.

Full Text:

PDF

References


Barnawi, (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmadi .(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, Dkk (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Dharma, (2013). Pendiikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faturrohman, (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Revika Anditama

Furqon, (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Putaka.

Kesuma, (2012). PendidikanKarakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustari. (2014). Nilai Karakte (Refeksi Untuk Pendidikan). Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. (2016). Menejemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiqon, H.M. (2012). Paduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Maswardi Muhamamd Amin,(2012). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Baduose Media Jakarta

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada

Persada

Nashir, Haeder. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Rohmadi, (2012). Menjadi Guru Profesional. Surakarta:Yuma Pustaka.

Lexy J.Moleong. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sattori, dan Komaria (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global). Erlangga

Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Aksara

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter Landasan. Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zuldafrial. (2011). Penelitian Kualitatif. Pontianak:




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1006

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.