ANALISIS CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 KELAKIK

Dandi Dandi, Akip AKIP, Ason Ason

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui  cara belajar dan faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 14 Kelakik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Tempat dan waktu penelitian di Sekolah Dasar Negeri 14 Kelakik yang dilaksanakan selama tiga bulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa berprestasi di kelas VI, 1 guru wali kelas, 1 guru mata pelajaran matematika dan 2 orang tua siswa dengan objek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Instrumen penelitian ini yaitu lembar wawancara dan lembar dokumen. Teknik pengolahan data penelitian dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah cara belajar dipengaruhi oleh rasa ingin tahu yang kuat pada diri siswa untuk berprestasi, guru menginginkan anak didiknya berprestasi dengan memberikan materi yang mudah, dan kedua orang tua menanamkan anaknya berprilaku baik, sopan dan berahlak mulia. Sementara itu, faktor-faktor yang mendukung siswa berprestasi adalah faktor hubungan keluarga, sikap dan kebiasaan belajar siswa yang memiliki rasa antusias yang tinggi serta didukung oleh guru yang terampil dalam membawa suasana belajar yang nyaman dengan model sederhana pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa siswa berprestasi memiliki cara belajar yang disesuaikan dengan materi yang ada dalam matematika yang dilakukan oleh dirinya, guru, dan orang tua. Kemudian faktor pelajaran matematika yang selama ini dianggap nyaman oleh siswa dan guru serta mendapat dukungan dari orang tua

Full Text:

PDF

References


Albar, J., Wardani, S., & Sarwi, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Based STEAM Approach on Mastery of Concepts and Interpersonal Intelligence in Online Learning. Journal of Primary Education, 10(2), 130-141.

Fathurrahman et al (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Febriani et al. (2017). Dampak Cara Belajardan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajerial 2(2) http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Folastri. (2013). Perbedaan Keterampilan Belajar Siswa Berpretasi Tinggi dan Berprestasi Rendah Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling vol 2. Diakses melalui https://ejournal.unp.ac.idindex.php/

Isti’adah. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kusumawati et al (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 03 Cibelok Pemalang. Jurnal Pesona Dasar 6(2) http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Lestari. (2019). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Peringkat 1 2 dan 3 Dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Tawang Rejo Tahun Ajaran 2019/2020. .Jurnal Edukasi Madrasah Ibdtidayah vol 2 (1). https;//doi.org/10.30599/jemari.v2i1.542

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Universitas Muhhamadiyah Tangerang 2 (2). Https;//jurnal.umt.ac.id

Rosyid, (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo

Salsabila (2020). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah vol 2 (2). https://ejournal.stirpn.ac.id/index.p hp/pandawa.




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1005

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.