ANALISIS TINGKAT KEDISPILINAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 14 KELAKIK

Novia Novia, Asep Eka Nugraha, Rindah Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas III di SD Negeri 14 Kelakik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertempatan di SDN 14 Kelakik yang dilaksanakan selama 3 bulan. Subjek penelitian ini yaitu siswa, guru wali kelas, kepala sekolah dan objek penelitian ini tingkat kedisiplinan siswa. Insrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi,lembar wawancara, dan dokumentasi. teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes .Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.  keabsahan data di uji triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa pada saat  proses pembelajaran menunjukan bahwa(1)Tingkat kedisiplinan siswa diawal kegiatan pembelajaran bahwa masih terdapat siswa  kurang  disiplin  waktu  terkadang siswa masih ada yang melanggar tata tertib pada  saat didalam kelas maupun dilingkungan sekolah.(2)Tingkat kedisiplinan siswa dikegiatan inti pembelajaran  bahwa siswa masih kurang memperhatikan guru ketika pada saat proses belajar mengajar didalam kelas ini  disebabkan  karena siswa suka berbicara antar temanya(3)Tingkat kedisiplinan siswa  dikegiatan akhir pembelajaran bahwa siswa selalu disiplin waktu selain itu jika  siswa diberikan tugas oleh guru disekolah selalu tepat waktu dalam mengumpulkanya tugas sekolah(4)Tingkat kedisiplinan siswa dikegiatan penilaian pembelajaran bahwa siswa  tidak pernah menyuruh kepada  temannya dalam mengerjakan  tugas. kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kedisiplinan siswa pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia  masih mengikuti tata tertib kelas dalam pembelajaran sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bungin, (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadari, (2011). Kedisiplinan Di Dalam Kelas Bogor: PT Jakarta: Rineka Cipta.

Chainur, (2011). Mengerjakan Tugas Yang Diberikan Oleh Guru Ketika Dikegiatan Inti Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gautama, (2012). Ketertiban Diri Pada Saat Belajar Dikelas Ketika Diawal Pembelajaran. Bogor: Alfabeta.

Mardawani, (2017). Mematuhi Aturan Ketika Diawal Pembelajaran Pendekatan Formal, Empirik, Struktural. Jakarta: Pramedia Group.

Maswan, (2014). Mengerjakan Tugas Di Rumah Yang Telah Diberikan Oleh Guru Ketika Dikegiatan Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan, (2013). Membiasakan Siswa Agar Tidak Suka Berbohong Ketika Dikegiatan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Mulyana, (2014). Tujuan Kedisiplinan Nana (2011) Tidak Menyuruh Orang Lain Demi Kepentingan Dirinya Ketika Dikegiatan Penilaian Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Simon, (2011). Absensi Ketika Di Kegiatan Inti Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto, (2012). Tepat Waktu Dalam Belajar Ketika Di Kegiatan Akhir Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, (2017). Membawa Peralatan Belajar Ketika Dikegiatan Inti Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Sulistyorini, (2014). Memperhatikan Guru Pada Saat Menjelaskan Pelajaran Ketika Di Kegiatan Inti. Nizamia Learning Center.

Sulistymati, (2012). kedisiplinan dalam lingkungan sekolah Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumantri, (2014). Disiplin Waktu Ketika Diawal Pembelajaran. Jakarta: Putra Grafika.

Syaiful, (2017). Tidak Malas Belajar Ketika Dikegiatan Akhir Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thomas, (2018). Membiasakan Hadir Tepat Waktu Ketika Diawal Pembelajaran Jakarta: Pramedia Group.




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1003

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.