PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 TANJUNG LAY
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Albar, J., Wardani, S., & Sarwi, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Based STEAM Approach on Mastery of Concepts and Interpersonal Intelligence in Online Learning. Journal of Primary Education, 10(2), 130-141.
Amri, Sofian. (2013). Pengembangan dan Model Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Bella Karlina. (2015). Pengaruh Manajemen Fasilitas Terhadap Mutu Layanan Diklat Di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI). [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dewi , Annisa Anita .(2017). Guru Mata Tombak Pendidikan. Tasikmalaya ; CV Jejak
Dhieni, N. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/paud4106-metode-pengembangan-bahasa-edisi-2/
Djmarah, Syaiful Bahri dan Awan Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676
Guntur Henry, (2017). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
http://opac.balikpapan.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=11970
Habel. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
http://eprints.ums.ac.id/91342/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Halimatusssakdiyah. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa PGSD, Universitas Negeri Medan: Unimed Press.
http://digilib.unimed.ac.id/30806/
Hermawan, (2012). Menyimak Keterampilan Komunikasi yang Terabaikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hermawan Herry. (2018). Menyimak. Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jumiyanti, M. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Anak usia 4-5 Tahun Di PAUD Aisyuyah Melawi. Jurnal UNTAN, Vol 4, no3. https://jejakpublisher.com/product/guru-mata-tombak pendidikan
Manaj, L. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies, 29-31. April 2015 Vol.1, Nr. 1 https://doi.org/10.26417/ejls.v1i1.p29-31
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/453-menjadi-guru-profesional-mulyasa.html
Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Santosa, Puji. (2011). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
https://onesearch.id/Author/Home?author=Puji+Santosa+dkk
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada https://www.rajagrafindo.co.id/produk/metodologi-penelitian-2/
Sri Yanah. (2014). Peranan Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kesadaran Moral Pemuda. [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16269/1/DIRWAN%20ASHARDI_optqwerty.pdf
Suardi,Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Deepublish.
https://books.google.co.id/books?id=kQ1SDwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta https://docplayer.info/139577414-Kualitatif-dan-r-d-bandung-alfabeta-2012-hlm-sugiyono-metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif.html
Tyagi. B. (2013). Listening: An Important Skill and Its Various Aspects. An International Journali English, (12), 1-8. Http://www.thecriterion.com/V4/n1/Babita.pdf.
Wibowo, Deki, and Mardiana. (2014): Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan Dasar 2.2 (2014): 120-130.
DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1002
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF - 91 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.