PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 TANJUNG LAY

Dina Nirmala, Deki Wibowo, Khairil Akbar

Abstract


Tujuan  Penelitian Ini adalah peran guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, Penelitian ini  dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay. Teknik penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan siswa/siswi kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penetitian ini ada empat yaitu: observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Peneliti menggunakan instrumen atau alat pengumpulan data berupa lembar wawancara dan lembar observasi. Sumber data yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dengan Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Conclusion Drawing / Verifikasi. Sedangkan pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (credibility) dan (reliability). Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu guru sebagai korektor, informator, organisator, motivator, fasilitator dan mediator.

Full Text:

PDF

References


Albar, J., Wardani, S., & Sarwi, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Based STEAM Approach on Mastery of Concepts and Interpersonal Intelligence in Online Learning. Journal of Primary Education, 10(2), 130-141.

Amri, Sofian. (2013). Pengembangan dan Model Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Bella Karlina. (2015). Pengaruh Manajemen Fasilitas Terhadap Mutu Layanan Diklat Di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI). [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi , Annisa Anita .(2017). Guru Mata Tombak Pendidikan. Tasikmalaya ; CV Jejak

Dhieni, N. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/paud4106-metode-pengembangan-bahasa-edisi-2/

Djmarah, Syaiful Bahri dan Awan Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676

Guntur Henry, (2017). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

http://opac.balikpapan.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=11970

Habel. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

http://eprints.ums.ac.id/91342/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Halimatusssakdiyah. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa PGSD, Universitas Negeri Medan: Unimed Press.

http://digilib.unimed.ac.id/30806/

Hermawan, (2012). Menyimak Keterampilan Komunikasi yang Terabaikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hermawan Herry. (2018). Menyimak. Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jumiyanti, M. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Anak usia 4-5 Tahun Di PAUD Aisyuyah Melawi. Jurnal UNTAN, Vol 4, no3. https://jejakpublisher.com/product/guru-mata-tombak pendidikan

Manaj, L. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies, 29-31. April 2015 Vol.1, Nr. 1 https://doi.org/10.26417/ejls.v1i1.p29-31

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/453-menjadi-guru-profesional-mulyasa.html

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Santosa, Puji. (2011). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://onesearch.id/Author/Home?author=Puji+Santosa+dkk

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada https://www.rajagrafindo.co.id/produk/metodologi-penelitian-2/

Sri Yanah. (2014). Peranan Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kesadaran Moral Pemuda. [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16269/1/DIRWAN%20ASHARDI_optqwerty.pdf

Suardi,Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Deepublish.

https://books.google.co.id/books?id=kQ1SDwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta https://docplayer.info/139577414-Kualitatif-dan-r-d-bandung-alfabeta-2012-hlm-sugiyono-metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif.html

Tyagi. B. (2013). Listening: An Important Skill and Its Various Aspects. An International Journali English, (12), 1-8. Http://www.thecriterion.com/V4/n1/Babita.pdf.

Wibowo, Deki, and Mardiana. (2014): Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan Dasar 2.2 (2014): 120-130.




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1002

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.